Departemen Statistika Terbaik di Indonesia – Program Studi Statistika dapat menjadi salah satu pilihan mahasiswa yang akan mengikuti Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Tahun 2023. Prodi Statistika memiliki prospek kerja yang luas. Setelah lulus, program studi Statistika dapat bekerja sebagai analis kendali mutu, analis riset pasar, spesialis pemasaran, peneliti survei. Hingga ahli biostatistik, ahli statistik, aktuaris, analis riset operasional, analis anggaran dan menjadi spesialis atau ahli matematika. Jika berencana memilih program studi Statistika, terdapat 10 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dengan program studi Statistika terbaik versi Times Higher Education World University Rankings (THE WUR) 2022.

Universitas Diponegoro

Program Studi Statistika Universitas Diponegoro merupakan bagian dari Departemen Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Seperti dikutip dari situs resminya, sejak tahun 2000 UNDIP telah mengajukan permohonan pendirian Program Studi Statistika. Terakhir, melalui surat Dirjen Dikti No.920/D/T/2003, UNDIP menegaskan kesabaran prodi. Saat ini Departemen Statistika Universitas Diponegoro telah terakreditasi A berdasarkan SK No.3298/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2018. Program Studi (S1) Statistika memiliki beberapa bidang keahlian seperti Industri, Ekonomi dan Bisnis, Komputer dan Sistem Informasi Manajemen, serta Sosial dan Pemerintahan.

Institut Teknologi 10 November

Pada awalnya Statistika merupakan peminatan di Jurusan Matematika, Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam dan Eksakta (FIPIA), Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Dikutip dari situs resminya, bidang ini akhirnya terus berkembang dan menjadi jurusan baru. Terhitung sejak tahun 1983, Jurusan Statistika resmi berdiri seiring dengan perubahan dari FIPIA menjadi FMIPA. Pendirian Jurusan Statistika ITS didasarkan pada PP No.5 Tahun 1980, PP No.27 Tahun 1981, dan Keputusan Presiden No.58 Tahun 1982.

Baca juga: 5 Universitas Terbaik di Bekasi, Adakah Kampus Favoritmu?

Sejak tahun 2006 Jurusan Statistika FMIPA ITS memiliki empat program pendidikan, yaitu D3, Sarjana, Magister, dan Doktor. Namun pada tahun 2017, Jurusan Statistika berubah menjadi Jurusan Statistika Fakultas Matematika, Komputasi dan Ilmu Data (FMKSD) dengan 3 program studi. Program Sarjana dengan akreditasi A dan Sertifikasi Asean University Network International, Quality Assurance (AUN-QA), Program Magister dengan akreditasi A, dan Program Doktor dengan akreditasi A.

Institut Pertanian Bogor

Institut Pertanian Bogor atau IPB adalah kampus yang terletak di Bogor. Saat ini program studi S1 jurusan Statistika telah terakreditasi A dari BAN-PT.

Universitas Islam Indonesia

Universitas Islam Indonesia atau disingkat UII berkedudukan di Yogyakarta memiliki program studi sarjana di Departemen Statistika yang telah terakreditasi A dari BAN-PT.

Universitas Gadjah Mada

Edu Rank menempatkan departemen statistika yang diselenggarakan UGM sebagai yang terbaik kedua di Indonesia, ke-156 di Asia, dan ke-730 di dunia. UGM menempatkan jurusan ini di bawah Jurusan Matematika FMIPA sejak tahun 1987. Saat ini Jurusan Statistika UGM telah mendapatkan akreditasi unggul untuk sarjana deskripsi.

Universitas Hasanudin

Sejak tahun 2019, Statistika Unhas berdiri sendiri setelah menjadi bagian dari Departemen Matematika. Hingga saat ini keduanya merupakan bagian dari FMIPA Unhas. Terdapat tiga jalur masuk yang dibuka bagi calon mahasiswa Statistika Universitas Hasanuddin, yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri. Di jalur SBMPTN, kapasitas yang disediakan hanya 40 kursi.