Prospek Kerja Jurusan Meteorologi – Pada prinsipnya kompetensi lulusan Meteorologi adalah memprediksi dan mengetahui bagaimana kecenderungan fenomena cuaca dan kaitannya dengan kehidupan manusia. Di bawah ini beberapa bidang dan instansi yang bisa dimasuki lulusan Meteorologi.

Daftar Prospek Kerja Jurusan Meteorologi

1. Industri

Sarjana Meteorologi ini dapat menjadi ahli atau konsultan dalam pembuatan alat-alat yang berkaitan dengan bidang Meteorologi. Mulai dari Sling Psychrometer, Aspiration-Psychrometer Model Assmann (Mengukur Kelembaban Udara di Atmosfer), Rain Gauge atau Hellman Rain Gauge, Hook Gauge Evaporimeter, Sunshine Recorder (Mengukur Waktu Paparan Matahari), Wind Run Meter, Hand Held Cup -Anemometer ( Mengukur Kecepatan) Angin, dan lain-lain.

Baca juga: 5 Daftar Perguruan Tinggi Terbaik di Kota Malang Tahun 2023

2. Pertanian

Bidang pertanian merupakan bidang yang paling banyak membutuhkan ilmu Meteorologi, seorang sarjana Meteorologi dapat menjadi analis di bidang ini. Meteorologi pertanian sendiri dipelajari karena iklim mempengaruhi hasil panen, karena Tanah + Cuaca + Tanaman sangat mempengaruhi Hasil Tanaman.

3. Akademik

Selain itu, lulusan prodi ini juga bisa menjadi peneliti dan dosen di bidang Meteorologi dan Klimatologi. Baik di perguruan tinggi negeri maupun swasta. Untuk menjadi seorang dosen, Anda harus memiliki setidaknya gelar Master atau Magister. Edufriends karena kualitas guru yang baik tentu akan mempengaruhi siswa yang diajarnya.

4. Transportasi

Selain prediksi cuaca, peran lulusan ini juga cukup vital di bidang transportasi udara dan laut. Di setiap bandara besar terdapat ahli meteorologi yang mengamati cuaca saat lepas landas, mendarat, dan di sekitar jalur pesawat. Awak pesawat membutuhkan informasi cuaca ini dalam merencanakan penerbangan. Dalam transportasi laut, ahli meteorologi memprediksi perilaku gelombang laut akibat perubahan cuaca di lautan. Dengan bisa memutuskan apakah kapal bisa berangkat atau tidak, edufriends.

5. Instansi Pemerintah

Prospek pekerjaan lulusan ini antara lain menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) bidang analis cuaca dan spesialis iklim di Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), BPPT, dan instansi sejenis serta menduduki jabatan fungsional di Badan Meteorologi dan Badan Pemerhati Geofisika (PMG). .

6. Lembaga Penelitian

Menjadi peneliti di lembaga dan lembaga penelitian pemerintah maupun swasta. Jenis penelitiannya sendiri dapat berupa penelitian dasar yang dilakukan untuk memperoleh pengetahuan baru. Sebagai referensi penelitian terapan dan penelitian terapan yang dilakukan untuk memberikan solusi praktis terhadap permasalahan tertentu, edufriends.